08122 44 1 55 88 cs@Ldpmedia.co.id
10 Shares

Pentingkah riset keyword (kata kunci) untuk meningkatkan traffic di google ? bagi anda yang memiliki website/blog riset keyword sangatlah penting sebelum menulis artikel atau mencari domain (nama website). Fungsi dari riset keyword adalah menentukan kata kunci apa yang cocok digunakan di website/blog dan tujuannya sudah jelas yaitu meningkatkan traffic website/blog yang anda miliki.

# Riset Keyword itu penting loh

Mencari dan memilih kata kunci yang tepat akan berpengaruh kepada pengunjung di hasil pencarian seperti google. Setiap penulis di website/blog harus mengetahui kata kunci apa yang sering dicari oleh orang-orang dimesin pencari supaya bisa menemukan kata kunci yang tepat untuk blog/website.

# Memahami Jenis-Jenis Kata Kunci

Ada beberapa jenis kata kunci yang perlu anda pahami,

Pertama, Short tail keyword adalah kata kunci yang terdiri satu atau dua kata contohnya, website, jasa website, pelatihan website dan produk digital. Jenis keyword tersebut memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi, jika website anda baru sangat sulit untuk bisa bersaingpada keyword ini kecuali anda memahami betul konsep SEO.

Kedua, Long tail keyword adalah versi panjang lebih dari dua kata dari versi short tail keyword contohnya jika  ingin mencari jasa website, anda melakukan pencarian “jasa website Cirebon terbaik atau jasa website di Cirebon harga murah” jadi tidak hanya mencari kata kunci jasa website. Long tail keyword memiliki persaingan lebih rendah sehingga traffic yang didapat tidak sebanyak dari pada short tail keyword.

Ketiga, Keyword abadi adalah suatu kata kunci yang selalu digunakan untuk mencari informasi pada mesin pencari. Contohnya bisnis online, tutorial website, beasiswa, lowongan kerja, toko online, download mp3 dan lainnya. Kata kunci tersebut termasuk kata kunci abadi karena banyak orang mancari kata kunci tersebut.

Keempat, Keyword Musiman adalah keyword yang dicari bersifat musiman atau bisa dikatakan sesaat, contohnya bagi anda penggemar sepakbola “pertandingan Manchester United vs Juventus atau yang sedang trend saat ini Vanessa Angel terlibat portitusi online. Jika anda mencoba menggunakan keyword ini dapat mendapatkan banyak trafik dalam jumlah banyak tapi hanya sesaat. Selain itu, persaingan tidak terlalu ketat di search engine karena belum banyak yang memahami keyword musiman.

# Bagaimana cara melakukan Riset Keyword

Setelah anda memahami tentang jenis-jenis kata kunci sekarang melakukan Riset Keyword nya dengan menggunakan Tools Riset Keyword. Ada banyak tool yang tersebar di internet untuk mencari kata kunci terbanyak di google, ada yang gratisan dan berbayar. Berikut ini Tools Riset Keyword bagi para pakar SEO :

  1. Google Adwords (keyword planner)
  2. oi
  3. UbberSuggest
  4. KWFinder
  5. Serps
  6. Moz Keyword Explorer

# Riset Keyword Dengan Google Adword (Keyword Planner)

Google adword adalah suatu produk dari google yang dapat anda manfaatkan untuk beriklan mencari target keyword yang ingin digunakan.  Di dalam google adword ini ada tools yang dinamakan keyword planner, dapat membatu mencari keyword (kata kunci) yang relevan dan berhubungan dengan artikel/web yang ingin dibuat. Keyword planner dapat digunakan secara gratis loh sudah mendapatkan fasilitas dari googlenya.

Untuk mengunakan keyword planner anda hanya memiliki akun gmail, bagi anda balum memiliki dapat membuat mengikuti tutorial membuat email menggunakan gmail yang kami buat “klik disini”.

Bagaimana caranya menggunakan keyword planner, anda dapat mengunjungi situs google adword :

  • Login, sebelum klik login anda siapkan akun email gmail terdahulu

  • Masukin email yang anda sudah miliki

  • Gambar dibawah ini adalah tampilan google adword, pilih tools selanjutnya klik keyword planner

  • Pilih find new keyword

Pada gambar diatas, sebagai contohnya adalah kami membidik keyword website dan tutorial website ? jadi jika anda membuat judul tentang website bisa menggunakan judul : Jasa Website Gratis Pasang Iklan “keywordnya : website”.

Setelah dibidik dengan keyword tersebut dapat dilihat berapa kunjungan rata2 perbulan dengan keyword website dan tutorial website, website 10 K – 100 K dengan kompetisi medium sedangkan tutorial website 100 – 1 K dengan kompetisi low (rendah).

Anda dapat membidik keyword website lainnya “short tail keyword”  yaitu pembuatan website, website gratis atau yang lainnya.

Tools keyword planner (google adwords) dapat membantu anda melihat kata kunci (keyword) apa yang banyak dicari orang secara lokal maupun global, salah satu kenapa banyak orang menggunakan tools ini untuk research adalah untuk mencari traffic yang banyak dengan kompetisi keyword low (rendah) atau medium.

# Riset Keyword Dengan Keywordtool.oi

Keywordtool.oi adalah salah satu Riset Keyword yang paling banyak digunakan oleh internet marketer di dunia ataupun praktisi SEO merekomendaikan tools ini untuk digunakan, kelebihan tools ini adalah tidak hanya riset di google, bisa digunakan di Bing, Amazon, Ebay, instagram, dan youtube.

Keyword tool menyediakan dua pilihan ada versi yang gratis atau berbayar, jika anda menggunakan yang berbayar tentunya data yang ingin anda miliki lebih akurat dengan volumenya. Biayanya anda dapat dilihat dibawah ini.

Itu beberapa tools untuk riset keyword bagi anda yang masih pemula atau baru belajar dan belum menghasilkan uang dari internet bisa menggunakan google adword (keyword planner) sebagi pilihan yang tepat. Jika anda sudah menghasilkan uang dari internet bisa menggunakan yang berbayar. Gunakan tools sebaik-baiknya untuk mencari keyword yang sangat relevan bisnis yang sedangkan anda jalani di Internet.

Baca juga informasi lainnya :

326 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini