08122 44 1 55 88 cs@Ldpmedia.co.id
3 Shares

Peluang usaha bisnis mobil bekas masih terbuka lebar. Untuk memulainya tidak harus dengan modal besar Asal ada kemauan dan keberanian untuk memulainya binis itupun bisa tetap jalan.

Meski perekonomian Indonesia tengah lesu akibat krisis, bisnis mobil bekas tetap saja bergairah. Itulah yang kini dialami Budi Darsono (52), salah satu pemilik show room yang beroperasi di daerah parujakan Cirebon. Pasalnya, bisnis mobil bekas yang dilakoninya sejak 20 tahun lalu tidak pernah lesu. Dari waktu ke waktu, bisnis itu tetap menunjukkan gairahnya.

Budi mengaku, bahwa jumlah transaksi di show room mobil bekasnya tidak pernah turun. Trend permintaannya terbilang stabil dan cenderung meningkat. “Sejauh ini, tidak ada masalah dengan bisnis yang kita jalani. Kondisinya lancar-lancar saja cenderung meningkat dan relatif baik.

Menurut Budi, bisnis ini relatif aman meski dibayangi krisis sekali pun. Boleh saja terjadi krisis. Namun, minat masyarakat untuk memiliki mobil tetap tinggi. Hal itu bisa dilihat dari populasi kendaraan roda empat yang terus meningkat. “Kalau daya beli menurun, larinya pasti ke mobil-mobil second, karena harga belinya relatif murah dan lebih terjangkau,” ujar Budi

Hingga kini, kondisi show room mobil bekas, umumnya masih dalam kondisi baik. Para pelakunya tidak banyak mengeluhkan penurunan transaksi jualnya. “Sekarang stock mobil di setiap show room malah terus ditingkatkan. Rata-rata mobil yang dipajangnya sampai memenuhi seluruh ruangannya, begitu juga dengan show room ini, kita selalu meningkatkan stocknya,” tegas Budi.

Bagi Budi, hal itu membuat bisnis ini menjadi sangat menarik. Ia menganggap, bahwa bisnis mobil bekas selalu memberikan harapan kepada para pelaku bisnisnya. Di show room Budi sendiri, jumlah penjualan per bulannya mencapi 4-6 unit, dengan harga rata-rata di atas Rp 600 juta. ‘’Jumlah itu bisa dibilang tinggi. Karena mobil yang kita jual mobil-mobil merk honda, toyota, nisan, (mobil Jepang) dan yang lainnya dengan harga jualnya relatif tinggi.

Ia menjelaskan bahwa keuntungan bersih yang bisa didapat dari penjualan mobil bekas berada dikisaran 5% dari harga jual per unitnya. Namun, jumlah persentasenya bergantung pada kemampuan penjualnya saat menentukan harga. “Kalau mobilnya kita beli dengan harga murah, dan berhasil terjual dengan harga tinggi, keuntungannya bisa lebih tinggi lagi,” tegas Budi.

Budi  menjelaskan bahwa peluang di bisnis ini masih sangat terbuka lebar. Hanya saja perlu ketelitian berikut pengetahuan yang memadai mengenai dunia otomotif. Hal itu diperlukan untuk proses pengecekan kondisi mobilnya. Apakah masih dalam kondisi layak atau tidak. Lebih lagi, untuk mengetahui taksiran harganya. Apakah sesuai atau tidak. “Setidaknya harus ada orang yang mengerti soal itu. Kalau tidak, nantinya bisa salah perhitungan, malah bisa jadi rugi. papar Budi.

Hal itu dianggap penting, karena proses pengecekannya harus bersifat MenyeluruhMulai dari kondisi mesin, bodymobil, aksesoris, hingga kesurat-suratnya. Sebab, untuk mengetahui kelayakannya, tidak cukup melihat tampilan fisiknya saja.

Sedangkan untuk sistem pengelolaannya, bisa melalui berbagai macam cara. Bisa dengan sistem beli-jual maupun dengan sistem jual titipan. Menurutnya, kedua sistem ini sudah lazim digunakan para pelaku bisnis mobil bekas. Untuk stock mobilnya, bisa juga melalui kerjasama dengan dealer-dealer penjual mobil baru. Tujuannya untuk mendapatkan mobil-mobil kreditan yang gagal bayar. Mobilnya bisa dibeli untuk dijual kembali. “Tapi, ada beberapa dealer yang memang melelang mobil-mobil sitaannya. Kita tinggal memanfaatkan moment-nya saja,” jelas Budi.

Budi menegaskan, untuk memulai bisnis ini, tidak harus dengan modal uang dalam jumlah besar. Anda bisa memulainya dengan menjadi mediator untuk orang-orang yang ingin menjual mobil. Menurut Budi, banyak juga orang yang sukses dari jalur seperti itu. “Mereka menjadi mediator sekedar mengumpulkan modal saja. Fungsinya, sebagai penghubung antara penjual dan pembeli mobil,” tegas Budi.

Jual bisnis mobil bekas anda di iklanciayumajakuning.com

Website

Web Design, Pengelolaan/Administrator Web, Web SEO

Pelatihan Web

Pembuatan dan mengembangkan web toko online

Artikel SEO

300, 500, 1000 kata dan bergaransi

Domain dan Hosting

LiteSpeed Webserver, S3 EdgeCache Technology, Cloudlinux OS, Fast Load Dynamic & Static Content

Produk Digital

Ebook, Software, Template WP

312 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini