0 Shares

Google analytics merupakan salah satu tools penting dalam dunia digital marketing dan harus dipahami oleh para praktisi yang bekerja dalam dunia tersebut. Tools ini memang sudah sangat dikenal, sering disebut dengan singkatan GA.

Beberapa waktu lalu Google membuat upgrade sehingga GA yang dulu Anda kenal sudah mengalami perubahan. Bagi yang belum familiar dengan versi terbaru atau disebut GA4 ini, bisa simak penjelasan berikut ini.

 Baca juga informasi : Ide dan Peluang Usaha Sampingan Untuk Para Karyawan

Hal-hal Penting Terkait Google Analytics Versi 4

GA merupakan tool yang digunakan para praktisi digital marketing untuk menyelesaikan pekerjaan harian. Tool yang memungkinkan pengguna melihat statistic SEO serta memiliki layanan web analytic ini memang memiliki banyak manfaat.

Peningkatan dari GA ke GA4 memberikan banyak keuntungan dalam dunia digital marketing. Berikut beberapa hal penting terkait GA4:

 Baca juga informasi : Peluang Bisnis Online Menjanjikan Dijamin Mendulang Cuan

1.      Versi baru yang Lebih Lengkap

Sejak perilisan pertama Google analytics telah menjadi andalan para digital marketer dan dianggap sebagai tool sakti yang harus dikuasai. Seiring berkembangnya dunia digital serta perubahan SEO membuat tool ini juga diperbaharui.

Tujuannya agar bisa mengimbangi perkembangan dunia digital yang semakin maju. Oleh sebab itu, Google merilis tool terbaru pada tahun 2020, yaitu GA4.

Dalam versi baru ini pengguna bisa mendapatkan manfaat lebih mendalam. Bahkan dapat mengintegrasikannya dengan Google Ads. GA4 sudah disertai machine learning sehingga pengguna bisa menyiapkan data terkait produk dalam pekerjaannya.

Jadi, versi upgrade ini bisa memenuhi kebutuhan yang lebih luas dan memberikan manfaat lebih besar disbanding versi sebelumnya.

 Baca juga informasi : 3 Kategori Produk Yang Direkomendasikan Untuk Jualan Online Di FB ads

2.      4 Fitur GA4 yang Bisa Dipakai Pengguna

Dalam versi baru Google analytics, terdapat fitur terbaik yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna, yaitu:

  • Predictive Analytics, yaitu fitur kecerdasan buatan untuk mengumpulkan data mengenai target segmen pasar produk. Bahkan bisa digunakan menghitung transaksi dan potensi pendapatan dari transaksi yang terjadi dalam bisnis.
  • Custom Reports, yaitu fitur untuk membuat table serta visualisasi dari data sehingga dapat digunakan sebagai alat presentasi kepada klien.
  • Events Track, yaitu fitur untuk melacak event secara otomatis hingga 300 event.
  • Conversions Track, yaitu fitur untuk melakukan pelacakan terhadap event. Jadi, dapat melihat event mana bisa menghasilkan konversi sehingga bisa membangun interaksi dengan pengguna.
  • Automated Table, yaitu otomatisasi tampilan data yang dibutuhkan ke dalam laporan.
  • Anomaly Detection, yaitu fitur untuk mendeteksi anomaly pada grafik dalam GA4.
  • Audience Segmen, yaitu pengaturan segmen pengguna yang perlu diatur sekali saja.

 Baca juga informasi : Jasa Website Kuningan Terbaik

3.      GA4 Dapat Berintegrasi dengan Google Ads

Google analytics versi 4 ini bisa membantu penggunanya membangun audiens dan menjaga keloyalan audiens. Caranya berintegrasi dengan tool lainnya, yaitu Google Ads.

Dengan demikian, Anda dapat melihat aktivitas dari web serta aplikasi secara bersamaan. Data akan digabungkan sehingga bisa dilakukan pemantauan. Selanjutnya, marketer dapat melakukan pengambilan keputusan sesuai keadaan.

 Baca juga informasi : 7 Contoh Usaha Jasa Yang Dapat Anda Lakukan

4.      Memiliki Berbagai Manfaat Penting

Google analytics versi 4 dapat memberikan banyak manfaat dengan adanya berbagai fitur baru di dalamnya. Manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan GA4 adalah:

  • Dapat mengombinasikan analisa web dan app.
  • Membantu memahami perilaku konsumen lebih mendalam.
  • Terdapat fitur pembuatan path analysis.
  • Membantu menciptakan audience targeting yang lebih akurat.
  • Bisa terintegrasi dengan Google BiqQuery.
  • Dapat backup Google Universal Analytics.
  • Memudahkan visualisasi data, terutama penyediaan data cepat untuk pelaporan atau presentasi kepada klien.
  • Pengukuran engagement bisa dilakukan dengan lebih akurat.

Melihat manfaat dari GA4 yang cukup besar bagi dunia digital marketing, maka sebagai digital marketer Anda perlu menggunakannya secepat mungkin. Meskipun versi terdahulu masih bisa dipakai, tapi akan lebih baik jika mulai menggantinya secara perlahan.

Sebab dengan Google analytics versi terbaru, proses pengumpulan data maupun pembuatan model machine learning bisa dilakukan otomatis sehingga mempermudah pekerjaan dan mempercepat prosesnya.

Loading