Berjual beli via dunia maya sudah menjadi tren masa kini. Berbelanja dengan menggunakan akun media sosial juga mempermudah kegiatan berbelanja. Tak perlu lagi datang langsung ke toko dan serangkaian kerepotan khas belanja langsung. Memiliki barang jualan juga tinggal promo saja di media sosial dan gunakan trik penjualan khusus, pembeli akan datang sendiri.
Yang sulit dari berjualan via internet adalah beriklan yang tepat sasaran. Terkadang online shop pemula akan dengan mudah digeser oleh olshop yang sudah berpengalaman. Mereka memiliki trik khusus untuk memasarkan produk melalui iklan-iklan yang berkualitas. Lalu bagaimana caranya untuk mempromokan produk di media sosial ?
Kenali Pangsa Pasar di Media Sosial
Jangan asal membuat olshop dan pasang iklan, jangan asal tag-tag pengguna medsos dan membuat orang lain merasa terganggu. Jangankan membeli produk yang kita tawarkan, melihat iklan kita pun pasti enggan. Jauh-jauh bisa saja kita malah diblokir. Maka karena itu, yuk simak cara mengenali pangsa pasar di social media terlebih dahulu!
- Kenali target pembeli : setiap produk yang diciptakan dikhususkan untuk usia tertentu. Misalnya produk kecantikan dan anti jerawat untuk remaja putra-putri dan dewasa muda, sementara anti aging untuk wanita yang sudah berkepala empat. Maka kita harus tahu untuk usia berapa produk yang kita jual, supaya iklannya bisa disesuaikan dengan umur calon pembeli dan menarik minat kostumer.
- Lihat iklan sejenis : jangan gengsi untuk melihat iklan dari produk sejenis milik kompetitor. Bisa kita bandingkan beberapa iklan sekaligus dan mengambil intisarinya untuk iklan kita sendiri. Yang penting adalah tidak meniru dan melanggar hak cipta orang lain.
Kumpulan Trik Rahasia Promo Produk di Media Sosial
Nah, yang berikut ini adalah beberapa trik rahasia yang biasa digunakan oleh master advertising untuk mempromosikan produk masing-masing. Mari simak di bawah ini :
- Adakan kuis/giveaway : intinya semua orang suka gratisan, jadi tak ada salahnya jika kita memulai promo produk dengan yang gratisan lebih dulu. Tapi tentu saja tidak begitu saja, kita mewajibkan calon peserta untuk follow akun medsos atau sharing info kuis tersebut ke medsos masing-masing. Cara ini ampuh untuk memperkenalkan nama kita pada calon pembali.
- Berbagi info penting : jangan ragu untuk membuat tutorial atau berbagi tips and trick pada pengguna medos yang lain. Semakin bermanfaat info yang kita bagi, maka semakin banyak orang yang share postingan kita tersebut. Maka secara otomatis nama kita juga ikut dikenalkan pada orang-orang baru melalui sharing postingan tersebut.
- Beriklan dengan tepat : gunakan media advertising semaksimal mungkin. Pelajari dulu sistemnya dan buat iklan yang bisa menjangkau user medsos sebanyak mungkin. Jangan ragu untuk mengeluarkan sejumlah uang demi iklan yang maksimal.
- Rangkul komunitas : banyak online shop membuat grup atau komunitas khusus yang ada hubungannya dengan produk yang mereka jual. Memang tidak secara gamblang menjelaskan bahwa komunitas yang mereka buat itu untuk jual beli, namun biasanya berbentuk komunitas sharing. Jadi sambil sharing berbagai ilmu dan tutorial yang bermanfaat, diselingi dengan iklan produk yang mereka jual. Semakin banyak anggota komunitas, kemungkinan produk terjual semakin besar.
Bagaimana? Mudah sekali bukan untuk mempromosikan produk di media sosial? Pelajari pangsa pasar dan terapkan trik rahasia marketing via internet, maka hasilnya pun akan datang. Maksimalkan sosmed dan hasilkan pundi Rupiah tanpa perlu lelah-lelah bekerja di luar rumah.
Baca juga informasi lainnya : Klik Disini